MATRIX 1.4 - UTILITY KIT DEVELOPMENT SITE

Indonesian Version (Versi Bahasa Indonesia)


Selamat datang di halaman khusus pengembangan MATRIX 1.4 - Sub Pengembangan KIT Utilitas. Halaman situs ini adalah bagian dari Portal Resmi Pusat Publikasi Pengembangan Teknologi Penguat Daya Audio Bebas-Masal-Terbuka - MATRIX 1.4. Halaman ini khusus menyediakan informasi singkat mengenai desain sirkit utilitas pendukung fungsi penguat daya audio platform MATRIX 1.4.

Mengenai Proyek Sub Pengembangan KIT Utilitas

Proyek ini untuk menyediakan desain sirkit pendukung operasi penguat daya audio platform MATRIX 1.4 semacam BALANCED INPUT AMPLIFIER, INDIKATOR, POWER SUPPLY UNIT, dan SISTEM PROTEKSI JARINGAN KELUARAN. Proyek ini mempreferensi simplikasi sistem utilitas, dalam tujuan mempermudah produksi aplikasi penguat daya audio siap pakai pada level produksi DIY/hand-assembly dan home-industry.

B.I.A (BALANCED INPUT AMPLIFIER)

Sirkit B.I.A sebagai penyangga sinyal masukan, dengan modus port masukan berkesetimbangan (balanced input). Fungsi B.I.A sebagai penyedia fasilitas jaringan transfer sinyal audio modus pasa ganda, guna meredam transien anonimous semacam dengung riak jaringan listrik, interferensi frekuensi radio, dan semacamnya, akibat fenomena transfer sinyal melibatkan kabel panjang. Metoda redaman transien anonimous pasa ganda memanfaatkan fenomena diferensiasi frontal antara masukan non-invers terhadap masukan invers.

B.I.A digerakan oleh satu chip OP-AMP. Contoh desain dalam proyek ini melibatkan op-amp bertipe JRC4580. Rancangan B.I.A dalam proyek ini diterapi LPF pasif berupa R101+C103, R103+C104, R106+C108, dan R108+109, guna membatasi lajur respon frekuensi sinyal audio hingga 20KHz. Pembatasan lajur respon ini berlaku pada kedua sisi pasa masukan.

R.S.I (REALTIME SIGNAL INDICATOR)

Sirkit R.S.I berfungsi mengindikasi sinyal masukan melalui kinerja B.I.A. Sirkit ini disatukan dalam satu blok bersama B.I.A. Fungsi teknis sirkit ini, memudahkan operator dalam melakukan rutinitas cek sambungan sinyal masukan penguat daya audio.

Contoh desain R.S.I dalam proyek ini melibatkan satu chip op-amp JRC4580. Masing-masing blok op-amp mendeteksi keluaran sinyal mentah (raw signal) dari tiap keluaran B.I.A. Penguatan R.S.I terformasi dengan AV sebesar +100. Sinyal sinusoidal hasil penguatan B.I.A pada U101, ditendensikan oleh penguat-penguat R.S.I U102 menjadi sinyal gelombang persegi. Sinyal gelombang persegi ini digunakan untuk memicu kemudi LED.

CONTOH DESAIN SIRKIT B.I.A TERPADU R.S.I

BALANCE-INPUT-AMP.png
BALANCE-INPUT-AMP-PCB-BL2013HTL.png

PSU UTILITY KIT

PSU UTILITY KIT adalah blok catu daya untuk mendukung operasi B.I.A, R.S.I, SCOP (System Control & Output Protection), dan operasional motor kipas pendingin (FAN). Contoh desain proyek ini, mengetengahkan PSU UTILITY KIT terdiri 3-blok sebagai catu daya simetris 15V untuk B.I.A & R.S.I, catu daya non-simetris 13.8V untuk SCOP, dan catu daya non-simetris untuk motor kipas pendingin.

Khusus untuk catu daya penggerak motor kipas pendingin, melibatkan terapan void-grounded, dalam tujuan menghindarkan interferensi riak motor kipas terhadap sistem penguatan sinyal global. Catu daya ini dirancang guna menggerakan dua motor kipas pendingin terpasang serial, masing-masing berspesifikasi 12V/0.12A.

Contoh rancangan sirkit juga melibatkan teknika terapan dual-ground sebagai PT.GND dan BLA.GND. PT.GND adalah pembumian untuk sirkit SCOP, terkait pembumian penguatan daya akhir bersama loudspeaker pada blok sirkit inti penguat daya audio platform MATRIX 1.4 pembaharuan tahun 2013. BLA.GND adalah pembumian sirkit B.I.A & R.S.I terkait pembumian penguatan sinyal masukan bersama terapan S.GND seperti pada varian DOS-V U* 2013, WS, dan BC-i.

PSU-UTILITY-KIT.png
PSU-UTILITY-KIT-PCB.png

SISTEM PROTEKSI JARINGAN KELUARAN

Proyek ini diselengarakan secara terpisah pada sub-proyek OUTPUT PROTECTOR PROJECT.

FPSU (FLEXIBLE POWER SUPPLY UNIT for MAIN POWER AMPLIFIER SYSTEM)

PROYEK INI MASIH DALAM TAHAP PERANCANGAN PAPAN SIRKIT.


Sponsor: SOURCEFORGE.NET - Portal Pengembangan Sains & Teknologi Terbuka